Live Streaming

INFO HITS TERKINI

Pelatihan Fire Drill dan Emergency Response Team Harper Mangkubumi Yogyakarta

Pelatihan Fire Drill dan Emergency Response Team Harper Mangkubumi Yogyakarta

Api merupakan elemen penting dalam kehidupan, namun dalam jumlah yang tidak terkontrol api dapat menjadi ancaman bagi manusia. Maka dari itu perlu adanya sosialisasi mengenai perlindungan terhadap api terhadap masyarakat luas. Namun dalam sebuah properti seperti hotel, karyawanlah yang akan berubah fungsi menjadi petugas fire fighter apabila terjadi kebakaran, oleh sebab itu Harper Mangkubumi Yogyakarta by Aston mengadakan Pelatihan Fire Drill dan Emergency Response Team yang diikuti oleh seluruh karyawan Harper Mangkubumi Yogyakarta pada hari Kamis, 16 Agustus 2018.

Acara dimulai pada pukul 13.00 berlokasi di Ballroom Hotel Harper Mangkubumi Yogyakarta dengan pengenalan mengenai jenis-jenis api, pengenalan APAR (Alat Pemadam Api Ringan), fungsi dan lokasi emergency door di Hotel Harper Mangkubumi Yogyakarta, serta Emergency Response Team.

Emergency Response Team (ERT) merupakan team yang dibentuk khusus untuk menangani keadaan darurat yang terjadi di Hotel Harper Mangkubumi, seperti kebakaran, gempa bumi dan lain sebagainya. Terdapat berbagai 10 divisi dalam Emergency Response Team ini, seperti Chief Warden yang bertugas membuat keputusan dan menginstruksikan Operator atau Reception untuk memutar pengumuman evakuasi berdasarkan informasi atau setelah menganalisis keadaan, memonitor perkembangan situasi dan mengkoordinir masing-masing tim. Kemudan Fire Fighting Leader dan Fire Brigade yang bertugas untuk memadamkan api, Evacuation Leader yang memimpin proses penyelamatan tamu, karyawan maupun barang atau dokumen berharga, Assembly Point Leader  yang bertugas menenangkan situasi di assembly point, memberikan bantuan obat-obatan kepada korban yang mengalami luka.

Selanjutnya terdapat Exit Point Leader, yang bertugas memastikan jalur keluar dan masuk building bebas hambatan. Floor Warden Leader Back Office, Lobby dan FO, Kitchen dan Restaurant, Lantai 2 (meeting room area) dan lantai 3 hingga 9 (kamar tamu)  yang mempunyai tugas sebagai pengevakuasi semua karyawan, tamu hotel dan barang-barang berharga yang ada di dalam bangunan hotel. Seluruh karyawan di Hotel Harper Mangkubumi sudah tergabung ke dalam Emergency Response Team dan setiap hari serta setiap shift selalu diperbaharui dan disesuaikan dengan staff incharge saat shift tersebut.

Acara dilanjutkan dengan simulasi saat terjadi kebakaran di dalam gedung dan tugas masing-masing Emergency Resposen Team, dan ditutup dengan cara pemadaman api menggunakan APAR dan Selang Air.

 

"Perlindungan terhadap api sangat crucial karena pelayanan terhadap tamu di dalam hotel juga meliputi perlindungan terhadap keselamatan tamu. Maka dari itu, seluruh karyawan properti Archipelago International termasuk Harper Mangkubumi Yogyakarta by Aston dituntut untuk memiliki ilmu dan skill dalam pemadaman api. Hal ini ditujukan agar seluruh tamu merasa nyaman." Ujar Wawan Eza Sukmawan selaku General Manager Harper Mangkubumi Yogyakarta.